Membuat Slideshow dari Serangkaian Foto – Ada banyak cara untuk membuat slideshow dari serangkaian foto. Dua aplikasi yang dapat Anda gunakan kemungkinan besar sudah ada di komputer Anda.

Membuat Slideshow dari Serangkaian Foto

mypicpals – Windows Photo Viewer adalah aplikasi yang mungkin sudah Anda gunakan untuk melihat pratinjau foto, tetapi juga menampilkan tayangan slide.

Melansir techwalla, Pilihan bagus kedua adalah PowerPoint 2013. Ini memiliki lebih banyak fitur daripada Windows Photo Viewer dan memberi Anda kemampuan untuk berbagi tayangan slide dengan orang lain menggunakan pengaturan yang Anda tentukan.

Baca juga : Cara Membuat Slideshow Sederhana di Lightroom

Slideshow Penampil Foto Windows

Langkah 1

Buka File Explorer dan cari foto yang ingin Anda gunakan untuk slideshow Anda. Jika mereka belum berada di folder khusus, buat folder baru dan seret foto ke dalamnya.

Langkah 2

Ganti nama file JPEG untuk menempatkannya dalam urutan yang benar untuk slideshow. Untuk mengganti nama file, klik kanan dan pilih “Ganti nama.” Cara cepat untuk melakukannya adalah dengan memasukkan nomor di depan setiap nama file. Pastikan Anda tidak menulis di atas ekstensi “.jpg”.

Langkah 3

Klik kanan JPEG pertama, pilih “Buka Dengan” dan klik “Windows Photo Viewer.” Cara lain untuk membuka aplikasi yang sama adalah dengan mengeklik “Pratinjau”. Windows Photo Viewer terbuka dengan foto yang Anda klik, tetapi memiliki akses ke setiap foto lain di folder yang sama.

Langkah 4

Klik tombol “Slide Show” untuk memulai slideshow. Windows Photo Viewer masuk ke mode layar penuh, memperluas setiap foto untuk memenuhi layar tanpa mengubah rasio aspek.

Langkah 5

Klik mouse atau gunakan tombol panah kiri dan kanan untuk menavigasi slide. Klik kanan layar selama pertunjukan slide untuk mengubah kecepatan atau untuk memilih opsi tambahan, seperti mengacak, mengulang, atau menjeda pertunjukan slide. Untuk keluar dari mode layar penuh, klik tombol “Esc”.

Slideshow JPEG PowerPoint

Langkah 1

Luncurkan Microsoft PowerPoint dan buat presentasi kosong baru. Hapus kotak teks judul dan subjudul pada slide kosong. Klik kanan thumbnail slide di sebelah kiri dan pilih “Duplicate Slide” untuk membuat slide kosong untuk setiap JPEG yang Anda miliki.

Langkah 2

Pilih slide pertama, klik menu “Sisipkan” dan pilih “Gambar.” Temukan JPEG pertama yang Anda inginkan untuk tayangan slide. Tempatkan JPEG di setiap slide. Secara default, PowerPoint menskalakan gambar untuk mengisi slide, tetapi Anda dapat mengubah ukuran gambar dengan menyeret sudutnya.

Langkah 3

Klik opsi “Panduan” di bawah menu Lihat jika Anda ingin gambar muncul di posisi yang sama persis untuk setiap slide. Saat Anda menyeret panduan horizontal dan vertikal ke posisi mana pun pada satu slide, panduan tersebut tetap berada di tempat yang sama untuk setiap slide lainnya. Jika Anda memiliki beberapa gambar wajah seseorang, misalnya, letakkan kedua garis pedoman pada satu mata agar kepala orang tersebut tampak tidak bergerak di setiap slide.

Langkah 4

Klik menu “Transisi” dan gunakan opsi di Pita jika Anda ingin menambahkan efek di antara setiap slide, seperti memudar atau menghapus. Di ujung kanan Ribbon, Anda dapat menentukan waktu tunda antara setiap slide, serta mengaktifkan atau menonaktifkan klik mouse sebagai cara untuk melanjutkan tayangan slide.

Langkah 5

Klik menu “Tampilan Slide”. Untuk menguji tayangan slide Anda, klik ikon “Dari Awal” pada Pita, atau klik tombol “Pertunjukan Slide” yang muncul di bagian bawah layar. Klik ikon “Set Up Slide Show” di Ribbon sebelum menyimpan file presentasi.

Langkah 6

Tentukan bagaimana Anda ingin tayangan slide muncul menggunakan opsi di jendela Setup Show. Misalnya, tayangan slide dapat berulang terus-menerus hingga Anda menekan tombol “Esc”, tampil dalam mode layar penuh, atau bermain di jendela tanpa mode layar penuh. Tinjau opsi yang tersedia dan klik “OK.”

Langkah 7

Klik menu “File” dan pilih “Save As” untuk menyimpan file sebagai presentasi PowerPoint. Jika Anda ingin tayangan slide disimpan sebagai video, klik tombol “Ekspor” dan pilih “Buat Video”.

Share this: