Cara membuat slideshow dari Google Foto atau Google Drive – Ada banyak cara untuk mengumpulkan foto digital yang disimpan di smartphone Android. Mulailah dengan mengedit tampilan foto-foto tersebut agar terlihat lebih unik dan menarik, kemudian menggabungkannya menjadi kumpulan foto dalam format gambar bergerak (GIF).

Cara membuat slideshow dari Google Foto atau Google Drive

Sumber : leskompi.com

mypicpals – Selain beberapa kreasi menggunakan koleksi foto digital ini, seperti yang kita ketahui bersama, kini banyak orang yang tertarik untuk membuat foto yang khas, yaitu membuat slideshow video yang keren dengan musik dan efek yang unik.

Pelajari cara menampilkan sekumpulan gambar dari Google Foto atau Drive dengan aplikasi Chrome atau iOS atau Android. Menggambar dengan Foto Google dan logo Google Drive (kiri atas) dengan garis aksi proyeksi digambar ke layar dengan gambar di atasnya (gunung hijau, langit biru, matahari kuning) dengan panah di kedua sisi gambar Jika gambar Anda ada di Google Foto atau folder di Google Drive, Anda memiliki beberapa cara untuk menampilkan rangkaian gambar ini. Setiap metode memungkinkan tingkat kontrol yang berbeda.

Misalnya, tidak setiap opsi memungkinkan Anda mengontrol waktu maju otomatis atau memutar musik atau file audio tertentu dengan gambar tertentu. Salah satu opsi berikut akan membantu Anda membuat tayangan slide gambar. Cara membuat tayangan slide dari album Foto Google di browser Dari browser web, Foto Google menawarkan opsi pertunjukan slide.

Jika Anda membagikan album Google Foto dan mengizinkan orang lain menambahkan foto, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menampilkan foto dari orang yang berbeda. Untuk menampilkan album Google Foto sebagai slideshow, pertama-tama buat album dan tambahkan foto. Kemudian, dengan album aktif, pilih menu tiga titik vertikal dan pilih Slideshow (Gambar A). Gambar akan maju otomatis setiap lima detik.

Tampilan di layar termasuk kontrol jeda, mundur, dan maju. Untuk menampilkan gambar dalam urutan yang berbeda, Anda dapat mengatur susunan gambar di dalam album. Tangkapan layar album foto (“Perjalanan ke Italia dan Prancis”) dengan menu di kanan atas menampilkan Slideshow (dan item menu lainnya).

Berikut ini Cara membuat slideshow dari Google Foto atau Google Drive yang di rangkum dari techrepublic:

1. Cara membuat film dengan Foto Google

Sumber : jalantikus.com

Web Google Foto dan aplikasi seluler (Android dan iOS) memungkinkan Anda membuat film menggunakan foto dan / atau video. Untuk membuat film di aplikasi seluler, pilih menu tiga titik di kanan atas, lalu pilih Film. Untuk membuat film dari Google Foto di browser, pilih opsi + Buat (di sebelah kanan kotak pencarian foto) lalu pilih Film. Pilih hingga 50 foto dan / atau video untuk disertakan dalam film Anda.

Setelah Anda memilih gambar Anda, sesuaikan penggeser di sebelah setiap item untuk mengubah durasi di layar masing-masing, jika Anda mau. Film Anda juga mungkin menyertakan musik. Anda dapat memilih musik stok yang ditawarkan dalam aplikasi, atau memilih dan menambahkan file audio Anda sendiri. Tentu saja, Anda juga dapat memilih opsi Tanpa Musik.

Buat film, animasi, dan kolase
Jika Anda menghapus film, animasi, atau kolase, foto yang digunakan untuk membuat film, animasi, atau kolase tidak akan dihapus.

syuting
Jika perangkat sudah tua, Anda mungkin tidak dapat merekam film.
Di ponsel atau tablet Android Anda, buka aplikasi Foto Album Google.
Masuk ke akun Google Anda.
Di bagian bawah, klik Galeri Foto, lalu klik Utilitas.
Di bawah bagian “Baru”, klik Film.
Untuk memilih foto dan video yang Anda inginkan dalam film, ketuk “Film Baru”.
Pilih foto atau video Anda. Klik Buat di sudut kanan atas.
Setelah selesai, klik Simpan.
Untuk menggunakan tema, ketuk film yang diinginkan dan ikuti petunjuknya.
Untuk menonton film, tap “Putar” atau “Putar”, atau tunggu hingga film siap untuk diberitahukan.

Edit film
Di film tersebut, klik “Edit”, lalu klik “Edit”.
Ubah musik: Klik pada not musik.
Menyusun ulang klip: Sentuh dan tahan klip, lalu seret ke urutan lain.
Menghapus klip: Di samping klip yang ingin Anda hapus, klik Lainnya, lalu klik Hapus.
Setelah selesai, klik Simpan.

Jika Anda menghapus foto atau video dari Google Foto, lakukan hal berikut:
Jika Anda menghapus foto atau video di salah satu film, foto atau video tersebut akan tetap ada di film kecuali Anda mengedit filmnya.
Jika Anda mengedit film dengan foto atau video yang dihapus, item ini akan otomatis terhapus dari film.

Buat animasi dan kolase
Animasi adalah menyatukan sekelompok foto untuk membuat foto dengan gambar bergerak. Kolase adalah menggabungkan sekumpulan foto menjadi satu foto.
Di ponsel atau tablet Android Anda, buka aplikasi Foto Album Google.
Masuk ke akun Google Anda.
Di bagian bawah, klik Galeri Foto, lalu klik Utilitas.
Di bagian “Baru”, pilih “Animasi” atau “Kolase”.
Pilih foto yang Anda inginkan dalam kolase.
Klik Buat di sudut kanan atas.

Baca juga : Membuat Slideshow dengan PhotoScape

2. Cara memilih dan menampilkan gambar dengan Galeri Chrome OS

Sumber : blackxperience.com

Jika Anda menggunakan Chromebook atau perangkat Chrome OS lainnya, aplikasi File menyertakan fitur galeri dengan opsi slideshow. Untuk mengaksesnya, buka aplikasi File, yang memiliki folder putih dengan latar belakang biru sebagai ikon, lalu Ctrl-klik pada satu atau beberapa gambar untuk memilih satu set. Klik kanan setelah Anda selesai, lalu pilih Buka Dengan Galeri dari pilihan. Tunggu beberapa saat hingga gambar yang dipilih muncul di Galeri.

Selanjutnya, pilih persegi panjang dengan panah yang mengarah ke kanan (di area pojok kanan atas) untuk menampilkan gambar sebagai slideshow. Seperti dalam aplikasi Google Foto, gambar bergerak otomatis setiap lima detik. Anda juga dapat memilih untuk menjeda atau memilih panah kanan atau kiri untuk menelusuri gambar.

Ubah wallpaper latar belakang dan screen saver
Anda dapat mempersonalisasi Chromebook Anda dengan wallpaper desktop yang disesuaikan.

Catatan: Jika Anda menggunakan Chromebook di kantor atau sekolah, administrator Anda mungkin tidak mengizinkan Anda untuk mengubah wallpaper. Jika Anda tidak dapat mengubah wallpaper, harap hubungi administrator Anda untuk bantuan lebih lanjut.

Pilih wallpaper latar belakang
Gunakan wallpaper dari Chromebook
Klik kanan pada desktop dan pilih Set Wallpaper.
Klik gambar untuk mengatur wallpaper. Anda juga dapat mencentang kotak di samping “Kejutkan saya” untuk mendapatkan gambar yang dipilih secara acak.

Gunakan wallpaper khusus
Jika tidak, silahkan download gambar (.png atau .jpg) yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper dari Internet.
Di sudut layar, klik peluncur, lalu klik panah atas.
Klik pada file tersebut.
Di kolom kiri, pilih folder yang berisi gambar Anda.
Klik kanan gambar yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper, lalu klik “Set Wallpaper”.
Gunakan wallpaper yang sama di beberapa Chromebook
Pilih waktu di pojok kanan bawah.
Pilih pengaturan.
Di bagian “Pengguna”, pilih Sinkronisasi dan layanan Google.
Pilih Kelola sinkronisasi.
Pilih informasi yang ingin Anda sinkronkan. Untuk menggunakan semua setelan yang sama (termasuk wallpaper) di setiap Chromebook yang Anda masuki, aktifkan Sinkronkan semua.

Ubah latar belakang screen saver
Pilih waktu di pojok kanan bawah.
Pilih pengaturan.
Di sebelah kiri, klik Personalization, lalu klik Screen Saver.
Untuk mengaktifkan screen saver, klik tombol di sebelah kanan.
Untuk memilih album yang akan disetel sebagai screen saver, pilih Google Foto atau Galeri Seni.
Tip: Jika Anda mengaktifkan screen saver, layar akan tetap menyala saat perangkat mengisi daya. Chromebook Anda tidak akan tidur.

Memperbaiki masalah mengganti wallpaper
Jika Anda mengalami masalah dalam mengatur wallpaper, pastikan format gambar dalam format yang didukung (.png atau .jpg).

3. Cara membuat slideshow dengan Google Slides

Sumber : business.tutsplus.com

Untuk kontrol yang lebih tepat, Anda dapat menggunakan Google Slides. Meskipun dibutuhkan sedikit lebih banyak pekerjaan untuk menambahkan setiap gambar Anda ke slide terpisah, Anda mungkin menemukan opsi waktu yang sepadan. Jika Google Foto dan Galeri Chrome OS menampilkan kedua gerakan maju otomatis setiap lima detik, Slide menawarkan opsi maju otomatis 1 menit atau 2, 3, 5, 10, 15, atau 30 menit.

Untuk mengaktifkan maju otomatis, pilih Sajikan saat berada di Slide di web, lalu pilih sproket (untuk pengaturan). Pilih Auto-Advance (When Played), lalu pilih opsi waktu. Anda juga dapat mengaktifkan opsi Loop untuk menggilir slide sampai dihentikan secara manual. Google Slides adalah aplikasi presentasi online yang memungkinkan Anda membuat dan memformat presentasi dan bekerja dengan orang lain.

Langkah 1: Buat rangkuman
Untuk membuat presentasi baru:

Buka layar slide utama di slides.google.com.
Di bawah “Mulai presentasi baru” di kiri atas, klik “Tambahkan Baru”. Ini akan membuat dan membuka presentasi baru Anda.
Kamu juga bisa membuat demonstrasi baru di URL https://slides.google.com/create.

Langkah 2:

Edit serta bentuk presentasi

Kamu bisa mengedit, menambahkan atau memformat teks, gambar atau video dalam presentasi Anda.

Sisipkan dan susun teks, bentuk dan garis
Tambahkan, hapus, dan atur slide
Tambahkan animasi ke slide
Langkah 3: Berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain
Anda dapat berbagi file dan folder dengan orang lain, dan memilih mereka untuk melihat, mengedit, atau mengomentarinya.

Google Slides juga memungkinkan Anda memasukkan audio pada slide individual, dengan berbagai kontrol. Lihat bagian “Cara memasukkan audio di Google Slide” di Cara menggunakan penyempurnaan Google Slide untuk presentasi untuk detailnya.

Baca juga : Jenis Jenis Grafik Pada Ms. Excel

4. Cara membuat tayangan slide dengan aplikasi seluler

Sumber : lady-ya.ru

Aplikasi pihak ketiga untuk Android dan iOS memberi Anda kontrol yang lebih besar atas kecepatan gambar maju otomatis daripada opsi Foto, Galeri, atau Slide milik Google. Pada perangkat iOS, SoloSlides memungkinkan Anda memilih album Google Foto untuk slideshow Anda dan menentukan hampir semua waktu auto-advance yang Anda inginkan.

Di Android, pFolio menyertakan opsi slideshow untuk album Google Foto, di mana gFolio menampilkan gambar dari folder yang Anda pilih di Google Drive. Untuk kontrol yang tepat atas semua aspek gambar dan musik, Anda dapat beralih ke aplikasi pengeditan video pilihan Anda, seperti Adobe Premiere Rush, Apple Clips, iMovie, KineMaster, atau LumaFusion, di antara banyak lainnya.

Share this: