Buat slideshow dari Foto di Mac – Di “Foto”, ada dua cara untuk membuat tampilan slide. Anda dapat dengan cepat memutar slideshow foto hari itu, yang berisi tema dan musik.

Buat slideshow dari Foto di Mac

mypicpals – Jika Anda ingin lebih mengontrol pilihan dalam peragaan slide, Anda dapat membuat dan menyimpan proyek peragaan slide.

Kamu memilah sekumpulan gambar, kemudian meningkatkan bacaan, memilah tema, meningkatkan nada serta menyesuaikan panjang setiap slide yang muncul.

Kamu bisa melibatkan klip film dalam pementasan slide serta mengekspor pementasan slide buat diputar di Mac, iPad, iPhone, ataupun Apple TV.

Putar Slideshow Secara Instan

Dikutip dari support.apple, Anda dapat dengan cepat memutar tayangan slide foto sepanjang hari. Anda dapat memilih tema dan musik untuk pertunjukan slide,namun Kamu tidak bisa membiasakan pementasan slide lebih lanjut.

1. Di app “Foto” di Mac Anda, klik “Perpustakaan Media” di bar samping, lalu klik “Hari” di bar alat.

2. Pilih beberapa foto untuk hari itu, lalu pilih File> Putar Pertunjukan Slide.

3. Klik pada subjek, lalu pilih subjek.

Pratinjau tema muncul di panel.

4. Klik Musik, lalu pilih lagu yang diinginkan.

Untuk mematikan musik, klik lagu itu lagi untuk membatalkan pilihannya.

5. Klik “Putar Slideshow”.

Untuk menghentikan tayangan slide, tekan tombol Escape. Anda juga dapat menekan tombol panah untuk maju atau mundur dalam peragaan slide, lalu tekan bilah spasi untuk menjeda peragaan slide.

Baca juga : Cara Membuat SlideShow dari Gambar dengan Nada di Komputer

Buat Proyek Slideshow

1. Di app “Foto” di Mac Anda, pilih foto yang ingin Anda tampilkan dalam pertunjukan slide.

Anda dapat menambah atau menghapus foto nanti (lihat “Menambah atau menghapus foto dan teks dalam slideshow” di bawah).

2. Pilih “File”> “Buat”> “Tampilan Slide”> “Foto”.

3. Klik menu pop-up “Peragaan Slide” dan pilih “Peragaan Slide Baru”.

4. Ketik nama untuk pertunjukan slide di bidang “Nama pertunjukan slide”, dan klik OK.

5. Untuk menyusun ulang foto, seret ke bagian bawah jendela dalam urutan yang diinginkan.

6. Buat memilah tema, klik tombol” Tema”, kemudian klik tema.
Kamu bisa mengganti tema kapanpun. Tema yang Kamu seleksi memastikan posisi bacaan, font, dan efek transisi yang terjadi di antara slide. Efek pan dan zoom (juga dikenal sebagai efek Ken Burns) hanya tersedia untuk tema Ken Burns.

7. Untuk memilih musik untuk slideshow, klik tombol “Music”, klik panah bawah di samping “Music Library”, dan pilih lagu.
Seleksi” Lagu Tema” dari menu pop- up buat menemukan nada yang ada dalam foto, atau pilih” Musik” buat melihat nada dari perpustakaan musik. tarik lagu yang diseleksi buat mengganti antrean pemutarannya. Untuk menghapus lagu, pilih lagu dan tekan Hapus.

Catatan: Jika Anda tidak melihat musik dari perpustakaan musik yang terdaftar, tutup “Foto”, lalu buka “Musik” dan masuk (jika Anda belum masuk). Dengan “Musik” dihidupkan, buka “Foto” lagi, lalu pilih pertunjukan slide Anda. Klik tombol “Music”, lalu pilih “Music” dari menu pop-up untuk melihat daftar musik yang muncul.

8. Untuk mengubah waktu tampilan setiap slide, klik tombol “Durasi”, lalu lakukan salah satu hal berikut (tidak semua opsi tersedia untuk semua tema):
Atur slideshow agar sesuai dengan durasi musik yang dipilih: pilih “Fit to Music”.
Mengatur waktu tampilan tertentu untuk peragaan slide: Pilih “Kustom”, lalu seret penggeser untuk menentukan waktu peragaan slide.
Setel transisi seluruh slide: centang kotak “Transisi”, kemudian seleksi tipe peralihan dari menu pop- up.
Ubah ukuran slideshow agar pas dengan layar: Centang kotak “Fit photos to screen”.

9. Untuk melihat tampilan slide, klik tombol “Pratinjau”.
Klik Pratinjau lagi buat mengakhiri pratinjau. Anda juga dapat menyetel tayangan slide untuk diputar terus-menerus dengan mengklik tombol “Putar”.

10. Untuk memutar slideshow, klik tombol “Putar”.
Untuk menghentikan tayangan slide, tekan tombol Escape. Kamu pula bisa memencet tombol panah buat melalui maju ataupun mundur slide, lalu tekan spasi untuk menjeda peragaan slide.
Untuk informasi tentang berbagi pertunjukan slide, lihat Mengekspor foto, video, dan pertunjukan slide.

Tambahkan Atau Hapus Foto dan Teks Dalam Slideshow

Setelah Anda membuat pertunjukan slide, Anda dapat menambah atau menghapus foto kapan saja. Anda juga dapat menambahkan teks ke slide yang dipilih. Lokasi teks dan font ditentukan berdasarkan tema yang dipilih. Saat ditambahkan ke tayangan slide, foto langsung akan ditampilkan sebagai gambar diam.

1. Di aplikasi “Foto” di Mac Anda, klik pertunjukan slide di bawah “Proyek” di bar samping.

2. Lakukan salah satu operasi berikut:
Tambahkan foto lain ke slideshow: pilih foto di baris thumbnail di bagian bawah, klik tombol “Add Object”, lalu klik “Add Photo”. Pilih foto yang ingin Anda tambahkan, lalu klik Tambahkan.
Menambahkan teks ke slideshow: pilih foto, klik tombol “Tambahkan Objek”, lalu klik “Tambahkan Teks”. Pilih teks di kotak teks, lalu ketikkan teks yang diinginkan.
Menghapus teks dari foto: pilih teks pada foto, atau pilih kotak berbentuk T di depan foto pada baris thumbnail, lalu tekan tombol Delete.
Hapus foto dari tayangan slide: pilih foto yang ingin Anda hapus, lalu tekan tombol Hapus.

Ekspor Foto Dalam Format Yang Dipilih

Anda dapat mengekspor foto agar dapat mengimpor dan memprosesnya di aplikasi lain. Cara termudah untuk mengekspor foto adalah menyeretnya ke suatu lokasi di Finder. Kamu pula bisa memakai perintah” Ekspor”, yang membolehkan Kamu menentukan penamaan file, format file, serta pengaturan manajemen subfolder. Anda dapat memilih ukuran dan format foto yang diekspor. Anda juga dapat mengekspor foto langsung sebagai gambar diam.

1. Dalam aplikasi “Foto” di Mac Anda, pilih item yang ingin Anda ekspor.

2. Pilih “File”> “Ekspor”> “Ekspor [Jumlah] Foto”.

3. Klik menu pop-up “Jenis Foto”, lalu pilih jenis file untuk foto yang diekspor.
JPEG membuat file kecil yang cocok untuk digunakan dengan situs web dan aplikasi foto lainnya.
TIFF adalah format file lossless, sangat cocok untuk mentransfer foto antara komputer dan aplikasi.
PNG adalah format file lossless populer lainnya untuk gambar web.

4. Klik menu pop-up “Nama File”, lalu pilih cara memberi nama file yang diekspor (langkah ini opsional).
Anda dapat menggunakan judul, nama file atau nama file berurutan yang diberikan dalam “Foto” untuk memberi nama file yang diekspor. Jika Anda memilih urutannya, Anda dapat menentukan teks yang muncul sebelum setiap nomor (misalnya, ulang tahun-1, ulang tahun-2, dan seterusnya).

5. Klik menu pop-up “Format Subfolder”, Kemudian pilih cara membagi file yang diekspor ke dalam folder.
Misalnya, jika Anda ingin mengekspor foto pada tanggal yang berbeda, Anda dapat mengekspor “Foto” setiap hari sebagai subfolder yang diberi nama setelah hari itu. Pilih “Tidak Ada” untuk mengekspor foto sebagai file terpisah tanpa subfolder.

6. Klik Ekspor.
Pilih lokasi untuk menyimpan file foto yang diekspor, lalu klik “Ekspor”.
Tip: Jika Anda masuk dengan ID Apple dan menyalakan iCloud Drive, Anda dapat mengekspor file foto ke iCloud Drive, lalu mengaksesnya dari Mac, iPhone, iPad, atau Windows PC mana pun yang diatur untuk menggunakan iCloud Drive. Lihat Menggunakan iCloud Drive untuk menyimpan dokumen.

Ekspor Foto Dalam Format Asli

Setelah mengimpor foto ke perpustakaan foto, Anda dapat mengekspornya dalam format file aslinya. Foto waktu nyata diekspor sebagai dua file terpisah: file gambar diam dan file video.

1. Dalam aplikasi “Foto” di Mac Anda, pilih foto yang ingin Anda ekspor.

2. Pilih “File”> “Ekspor”> “Ekspor Asli yang Tidak Dimodifikasi”.

3.Bila Kamu mau mengekspor data IPTC (metadata dan sandi IPTC yang dialokasikan) sebagai file Sidecar XMP, centang kotak “Ekspor IPTC sebagai XMP”.

4. Klik menu pop-up “Nama File”, lalu pilih cara memberi nama file yang diekspor (langkah ini opsional).
Anda dapat menggunakan judul, nama file atau nama file berurutan yang diberikan dalam “Foto” untuk memberi nama file yang diekspor. Jika Anda memilih urutannya, Anda dapat menentukan teks yang muncul sebelum setiap nomor (misalnya, ulang tahun-1, ulang tahun-2, dan seterusnya).

5. Klik menu pop-up “Format Subfolder”, lalu pilih cara membagi file yang diekspor ke dalam folder.
Misalnya, jika Anda mengekspor foto dengan tanggal berbeda, Anda dapat mengekspor “Foto” setiap hari sebagai subfolder yang diberi nama setelah hari itu. Pilih “Tidak Ada” untuk mengekspor foto sebagai file terpisah tanpa subfolder.

6. Klik Ekspor.
Pilih lokasi untuk menyimpan file foto yang diekspor, dan klik Ekspor File Asli.

Ekspor Foto Sebagai Gambar Desktop
Anda dapat memilih foto dan menggunakannya sebagai gambar desktop.

1. Di app “Foto” di Mac Anda, pilih foto yang ingin Anda ekspor.

2. Klik tombol “Bagikan” di bilah alat dan pilih “Setel Gambar Desktop”.

Ekspor Video

Anda dapat mengekspor video agar dapat dibagikan atau digunakan di aplikasi lain. Saat mengekspor video, Anda dapat memilih kualitas film dan apakah file yang diekspor berisi judul atau metadata seperti judul.

1. Dalam aplikasi “Foto” di Mac Anda, pilih video yang ingin Anda ekspor.

2. Pilih “File”> “Ekspor”> “Ekspor Video [Kuantitas]”.

3. Klik menu pop-up “Kualitas Film”, lalu pilih format video untuk video yang diekspor.
Definisi standar (480p) sesuai untuk TV definisi standar. Jika video akan diputar di TV atau monitor definisi tinggi, pilih salah satu format definisi tinggi berikut: 720p atau 1080p. 4K digunakan untuk televisi dan monitor definisi ultra-tinggi.

4. Klik menu pop-up “Nama File”, lalu pilih cara memberi nama file yang diekspor (langkah ini opsional).
Anda dapat menggunakan judul, nama file atau nama file berurutan yang diberikan dalam “Foto” untuk memberi nama file yang diekspor. Jika Anda memilih urutannya, Anda dapat menentukan teks yang muncul sebelum setiap nomor (misalnya, ulang tahun-1, ulang tahun-2, dan seterusnya).

5. Klik menu pop-up “Format Subfolder”, lalu pilih cara membagi file yang diekspor ke dalam folder.
Misalnya, jika Anda mengekspor video pada tanggal yang berbeda, Anda dapat mengekspor “Foto” setiap hari sebagai subfolder yang diberi nama setelah hari itu. Pilih “Tidak Ada” untuk mengekspor video sebagai file terpisah tanpa subfolder.

6. Klik Ekspor.
Pilih lokasi untuk menyimpan file video yang diekspor dan klik “Ekspor”.
Kiat: Jika Anda masuk dengan ID Apple dan menyalakan iCloud Drive, Anda dapat mengekspor file video ke iCloud Drive lalu mengaksesnya dari Mac, iPhone, iPad, atau PC Windows mana pun yang diatur untuk menggunakan iCloud Drive. Lihat Menggunakan iCloud Drive untuk menyimpan dokumen.

Baca juga : Gambaran Awal Dalam Membuat Animasi Userbar

Ekspor Slideshow

Anda dapat mengekspor slideshow untuk dibagikan dengan orang lain. Saat mengekspor slideshow, “Foto” akan membuat file film dengan format video yang dipilih.

1. Di aplikasi “Foto” di Mac Anda, klik pertunjukan slide di bawah “Proyek” di bar samping.

2. Klik “Ekspor” pada bilah alat, atau pilih “File”> “Ekspor”> “Ekspor Tampilan Slide”.

3. Masukkan nama file dari film tampilan slide di kolom Save As.

4. Klik menu pop-up “Format”, lalu pilih jenis file untuk film yang diekspor.
Definisi standar (480p) sesuai untuk TV definisi standar. Jika slideshow akan diputar di TV atau monitor definisi tinggi, pilih format definisi tinggi: 720p atau 1080p.

5. Pilih lokasi untuk menyimpan film slideshow yang diekspor, lalu klik “Simpan”.

Tip: Untuk mengekspor grup foto dengan cepat ke desktop, pilih foto yang Anda inginkan, lalu seret indikator pemilihan di kanan atas jendela ke desktop.

Share this: