Cara Membuat Slideshow Sederhana di Lightroom – Jika Anda berusia di atas “tertentu”, Anda ingat membuat tayangan slide untuk dilihat teman atau anggota keluarga. Proses melihat membutuhkan proyektor dan layar, ditambah ruangan gelap untuk memungkinkan orang melihat slide yang diproyeksikan dengan benar.

Cara Membuat Slideshow Sederhana di Lightroom

mypicpals – Untungnya, banyak hal telah berubah sejak saat itu dan sekarang jauh lebih mudah untuk menampilkan foto Anda kepada audiens. Munculnya komputer laptop, media sosial, blog, dan situs berbagi foto telah membuat tampilan slide gaya lama menjadi mubazir.

Melansir digital-photography, Namun, masih ada tempat untuk tampilan slide gaya baru – yang dilihat di monitor komputer, bukan layar putih. Pengguna Lightroom dapat membuat tayangan slide dari dalam program itu sendiri, menggunakan modul Slideshow, sangat menyederhanakan prosesnya. Dalam artikel ini saya akan menunjukkan cara membuat slideshow sederhana, dan menunjukkan beberapa fitur kustomisasi lanjutan yang mungkin ingin Anda jelajahi.

Baca juga : Cara cepat Untuk Membuat Slideshow di Keynote

1. Langkah pertama dalam modul Slideshow

Ini sangat membantu jika Anda membuat Koleksi baru untuk foto yang ingin Anda gunakan dalam peragaan slide Anda. Setelah Anda melakukannya, beralih ke modul Slideshow. Anda akan melihat, tergantung pada apakah Anda pernah menggunakannya sebelumnya, sesuatu seperti ini. Klik tombol Buat Slideshow Tersimpan di bagian atas jendela Konten. Saat Anda melakukannya, Lightroom membuat Koleksi Slideshow baru yang ditempatkan (secara default) di dalam Koleksi asli. Mulai saat ini, perubahan apa pun yang Anda buat pada tayangan slide akan disimpan secara otomatis, dan Anda tidak akan kehilangannya.

Beri nama slideshow Anda di jendela Create Slideshow, dan putuskan di mana akan menyimpannya menggunakan menu drop-down di bawah Location. Jika Anda mencentang kotak Buat salinan virtual baru, Anda akan dapat mengedit Salinan Virtual di Koleksi Slideshow tanpa memengaruhi aslinya.

2. Plat Identitas

Jika Anda telah membuat Pelat Identitas khusus maka Anda mungkin melihatnya ditampilkan di sudut kiri atas peragaan slide Anda, karena beberapa templat tayangan slide Lightroom menggabungkan Pelat Identitas dalam tata letaknya. Anda dapat memindahkan Pelat Identitas dengan mengklik dan menyeret, atau memperbesarnya dengan mengklik, dan menyeret kotak putih di sekitar tepi. Sekarang mungkin saat yang tepat untuk menunjukkan bahwa ada dua jenis Pelat Identitas yang dipersonalisasi di Lightroom – Pelat Identitas Grafis dan Teks Bergaya.

Sementara Pelat Identitas Grafis memiliki kegunaannya (terutama sebagai alternatif yang indah untuk Pelat Identitas default Lightroom), Anda tidak dapat memperbesarnya melebihi ukuran aslinya 400 x 57 piksel tanpa membuat piksel pada grafik, membuatnya hampir tidak berguna untuk dimasukkan ke dalam tayangan slide. Pelat Identitas Teks Bergaya jauh lebih baik karena Lightroom hanya menskalakannya ke ukuran yang diperlukan tanpa pikselasi apa pun.

Jika Anda sama sekali tidak ingin menyertakan Pelat Identitas dalam peragaan slide, buka panel Hamparan dan hapus centang pada kotak Pelat Identitas. Ini adalah opsi paling sederhana, tetapi jika Anda mau, Anda dapat membuat Styled Text Identity Plate Anda sendiri dengan masuk ke Lightroom > Identity Plate Setup (Mac) / Edit > Identity Plate (PC).

3. Mempratinjau tayangan slide Anda

Membuka modul Slideshow secara otomatis membuat slideshow (ya, sesederhana itu) dan jika Anda puas dengan pengaturan default, Anda sudah selesai. Untuk melihat tampilannya, klik tombol Pratinjau Slideshow (ikon putar) di Toolbar. Untuk efek maksimum, tarik kembali panel atas, bawah, dan samping terlebih dahulu (pintasan keyboard: Shift+Tab).

4. Menyesuaikan tayangan slide Anda

Sekarang setelah Anda melihat tayangan slide default beraksi, saatnya untuk melihat bagaimana Anda dapat menyesuaikannya. Tempat untuk memulai adalah Browser Template, yang terletak di panel sebelah kiri. Ada lima Template Lightroom untuk dipilih. Mereka sepenuhnya dapat disesuaikan. Cara termudah untuk mendesain tayangan slide Anda adalah dengan memilih templat yang paling dekat dengan tempat yang Anda inginkan, lalu buat penyesuaian yang diperlukan dari sana.

Untuk peragaan slide saya, saya memilih template Pangkas untuk Diisi, yang memperluas (dan memotong) foto dalam peragaan slide untuk mengisi seluruh layar. Sebagian besar template memiliki Sel Teks. Jika Anda tidak ingin Sel Teks muncul di peragaan slide Anda, cukup klik di atasnya dan tekan tombol Delete (Mac) / Backspace (PC) pada keyboard untuk menghapusnya.

Atau, Anda dapat mengedit konten kotak teks dengan mengklik Sel Teks, lalu masuk ke menu Teks Kustom di Toolbar dan pilih Edit. Ini membuka Editor Template Teks, di mana Anda dapat memilih apa yang akan ditampilkan di Sel Teks.

Jika Anda ingin menambahkan Sel Teks baru (misalnya, jika Anda menggunakan template Pangkas untuk Diisi, yang tidak memilikinya), Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol ABC di Toolbar. Pilih Edit (atau salah satu preset) dari menu Teks Kustom. Jika Anda memilih Edit, Editor Template Teks akan terbuka dan Anda dapat memilih apa yang akan muncul di Sel Teks.

Anda dapat menyeret Sel Teks di sekitar tampilan slide untuk memposisikannya, dan menyesuaikan ukuran font dengan membuat kotak teks lebih besar atau lebih kecil dengan menyeret gagang sudut atau tepi. Pergi ke Text Overlays di panel Overlays untuk mengatur jenis font, warna dan opacity font di Text Cell aktif.

5. Mengekspor tayangan slide

Cara termudah untuk menampilkan slideshow kepada seseorang adalah dengan membuka Lightroom, pergi ke Koleksi Slideshow yang ingin Anda lihat dan tekan tombol Play. Ada juga saat-saat ketika Anda mungkin perlu mengekspor tayangan slide dalam format yang dapat dilihat oleh orang lain, seperti file film. Untuk melakukannya, klik tombol Ekspor Video di bawah panel sebelah kiri. Video yang diekspor disimpan dalam format .MP4, yang kompatibel dengan banyak pemutar video termasuk Adobe Media Player, Apple Quicktime, dan Windows Media Player 12. Video menyertakan musik jika telah ditambahkan ke slideshow.

6. Kesimpulan

Semoga artikel ini memberi Anda ide bagus tentang apa yang dapat Anda capai dalam modul Slideshow Lightroom. Jika Anda menyukai apa yang telah Anda lihat sejauh ini, luangkan waktu untuk menjelajahi panel sebelah kanan, di mana Anda akan menemukan lebih banyak cara untuk menyesuaikan tampilan slideshow Anda.

Share this: