Cara Membuat Peragaan Slideshow – Membuat tayangan slide dapat dilakukan tanpa peralatan khusus. Yang Anda butuhkan hanyalah ide tentang proyek Anda dan banyak konten untuk mengisi slideshow.

Cara Membuat Peragaan Slideshow

mypicpals – Tayangan slide dapat digunakan untuk berbagi presentasi bisnis, foto yang disukai, dan bahkan proyek sekolah.

1. Menggunakan Software Presentasi

Dikutip dari wikihow, Pilih perangkat lunak Anda. Buka program seperti Microsoft PowerPoint atau Keynote di Mac untuk membuat peragaan slide. Perangkat lunak serbaguna ini dapat membuat tayangan slide dengan teks, video, foto, atau kombinasi fitur yang disebutkan di atas. Anda juga dapat memakai aplikasi pengganti semacam OpenOffice ataupun perangkat lunak pihak ketiga lainnya.

Impor foto Anda. Seleksi gambar digital serta tambahkan ke dalam tayangan slide Anda. Anda mungkin dapat menambahkan konten lain seperti teks, suara, atau video ke pertunjukan slide Anda jika Anda mau. Kebanyakan perangkat lunak memungkinkan Anda untuk mengimpor banyak foto melalui “File” “Impor.”

Pilih opsi pengeditan. Jelajahi antarmuka program perangkat lunak Anda untuk memilih gaya atau tema untuk slide Anda. Cari bagian Bantuan program Anda atau situs web pabrikan untuk menemukan cara mendapatkan gaya atau tema untuk versi tertentu dari perangkat lunak Anda. Anda mungkin dapat melihat pratinjau bagaimana tema yang berbeda akan terlihat di salah satu slide Anda dengan mengarahkan kursor ke gambar kecil yang disediakan untuk setiap tema.

Bermain-main dengan pengaturan. Bereksperimenlah dengan pengaturan atau opsi dalam program perangkat lunak Anda untuk mengubah tayangan slide Anda. Anda mungkin dapat menambahkan musik, mengatur waktu transisi Anda, dan memilih dari berbagai efek transisi. Terkadang transisi animasi yang menyenangkan dapat menangkap audiens Anda. Gunakan efek ini dengan hemat dan berdasarkan audiens Anda.

Simpan slideshow Anda. Selalu simpan setelah Anda selesai membuat slideshow. Anda selalu dapat kembali dan menambahkan gambar atau mengedit item nanti. Simpan presentasi ke flash drive jika Anda memiliki akses ke komputer tempat Anda berencana untuk mempresentasikan slideshow.

Baca juga : Tutorial Pembuatan video slideshow Dari Gambar atau Foto

2. Membuat Slideshow dengan Perangkat Lunak Perpustakaan Foto

Temukan perangkat lunak perpustakaan foto Anda. Tiap pc dilengkapi dengan sebagian tipe aplikasi untuk menyimpan foto. Windows memiliki Microsoft Media Center dan Mac memiliki iPhoto. Telusuri aplikasi Anda hingga Anda menemukan aplikasi yang tepat. Jika Anda menggunakan Linux atau Chromebook, Anda mungkin harus mengunduh atau menggunakan aplikasi chrome.

Impor foto Anda. Sebelum dapat mengatur foto Anda, Anda harus mengimpornya ke perpustakaan foto perangkat lunak. Banyak perangkat lunak akan memunculkan pesan jika Anda memasang kamera atau perangkat lain dengan foto. Izinkan perpustakaan untuk menyimpan foto Anda. Jika Anda sudah menyimpan foto ke hard drive, Anda harus mengimpornya. Fungsi impor biasanya ditemukan di bawah “File” “Impor.”

Buat slideshow di iPhoto. Pilih grup atau album foto, lalu klik tab pertunjukan slide di dekat bagian bawah layar. Buat nama yang mudah diingat untuk slideshow Anda. Klik dan seret foto untuk mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda. Tambahkan musik ke tayangan slide Anda dengan memilih musik. Anda dapat mengedit slide individu dengan menekan sesuaikan.

Buat slideshow di Media Center. Buka Windows Media Center dengan memilihnya dari daftar program. Pilih perpustakaan foto di layar mulai. Anda dapat memutar tayangan slide seluruh foto di Media Center atau membuat folder khusus untuk digunakan untuk tayangan slide. Buat folder dan seret semua foto yang diinginkan ke dalam folder itu. Kemudian klik “putar slideshow” saat Anda siap untuk melihat hasilnya.

Gunakan efek perangkat lunak. Bergantung pada perpustakaan foto yang Anda pilih, Anda harus memiliki beberapa efek untuk dipilih. iPhoto memungkinkan Anda menyesuaikan transisi antara foto dan bahkan menawarkan efek Ken Burns. Bilah pengeditan harus berada di sekeliling layar pengeditan slideshow. Bereksperimenlah dengan opsi untuk menjaga slideshow tetap menghibur.

3. Menggunakan Situs Web Berbagi Foto

Pilih perpustakaan foto internet. Ada banyak jenis pustaka yang memiliki fitur berbeda. Aplikasi Google Doc “google slides”, misalnya, adalah alternatif yang sangat mudah digunakan untuk perangkat lunak. [5] Daftar untuk mendapatkan akun gratis di situs berbagi foto.

Situs web populer lainnya untuk berbagi dan membuat slide adalah Photobucket. Untuk situs ini, Anda harus membuat keanggotaan yang biasanya gratis. Jika Anda sudah memiliki akun email dengan gmail, Anda memiliki akses ke google slide.

Impor foto Anda. Unggah gambar digital Anda ke album ke situs web. Pilih album tempat Anda ingin menyimpan slideshow. Cara lain untuk mengatur foto Anda adalah dengan mengimpornya satu per satu ke dalam template slideshow. Sesuaikan opsi slideshow. Jelajahi antarmuka situs web berbagi foto untuk melihat opsi rangkai salindia. Anda dapat memilih template, efek transisi, atau pilihan musik.

Di Photobucket, Anda mengeklik panah di samping “Rumahku” atau “Albumku”. Pilih “Alat Kreasi” dan klik “Coba sekarang” di bawah opsi “Pertunjukan Slide”. Ini memungkinkan Anda melihat gaya atau tema slideshow yang tersedia untuk dipilih.

Tambahkan gambar ke tayangan slide. Anda mungkin perlu mengklik gambar atau menyeret dan melepaskannya ke slideshow Anda untuk menambahkannya. Pilihan lainnya adalah memilih sekelompok foto dan kemudian pilih buat pertunjukan slide.

Sesuaikan slideshow Anda. Pilih di antara opsi yang berbeda untuk menyesuaikan tayangan slide Anda. Ini bisa termasuk membuat gambar slideshow Anda besar atau kecil atau menambahkan judul ke slide foto Anda. Simpan tayangan slide Anda.

Baca juga : Cara Menggunakan CMS Untuk Membuat Website

4. Membuat Slideshow yang Efektif

Sederhanakan. Hindari slide yang terlalu rumit yang dapat mengalihkan perhatian audiens dari niat Anda. Jika Anda memiliki banyak hal untuk dikatakan atau ditampilkan untuk satu slide, rentangkan konten ke beberapa slide. Jika Anda hanya menggunakan gambar dalam pertunjukan slide Anda, gunakan satu gambar di tengah untuk setiap slide.

Jika Anda memiliki teks dan gambar, pastikan untuk memiliki banyak spasi kosong atau negatif. Ruang negatif memungkinkan konten bernafas dan akan lebih mudah menarik penonton.

Batasi jumlah poin peluru per slide. Jangan memaksa orang untuk banyak membaca sambil mendengarkan Anda berbicara. Secara umum, hindari terlalu banyak teks di slide Anda. Batasi jumlah kata untuk setiap poin. Jika poin memiliki dua atau lebih baris kata, ada terlalu banyak kata untuk poin itu.

Gunakan konten berkualitas tinggi. Saat menggunakan foto digital, merupakan aturan yang baik untuk tidak pernah “merusak” gambar. Memecah gambar berarti merentangkannya di sepanjang sumbu vertikal atau horizontal saja, atau meregangkan gambar kecil lebih besar. Resolusi gambar yang buruk dapat mengurangi tayangan slide Anda dengan membebani audiens Anda.

Pilih urutan slide Anda. Menciptakan arus logistik penting dalam tayangan slide. Harus selalu ada beberapa jenis narasi bahkan dalam tayangan slide berbasis foto. Anggap saja seperti cerita atau esai di mana slideshow memiliki awal, tengah, dan kesimpulan. Saat memilah-milah slide Anda, Anda juga dapat memutuskan apakah Anda ingin memecah slide yang dikemas dengan konten.

Bersikaplah konsisten. Biarkan slide berkomunikasi satu sama lain alih-alih bentrok satu sama lain. Gunakan tipografi, warna, dan citra yang sama di seluruh slide Anda. Menggunakan templat dapat membantu menjaga aliran yang konsisten. Template juga dapat membatasi, jadi pastikan untuk menambahkan pesan dan kreativitas Anda sendiri.

5. Tips

Jika membuat slideshow untuk presentasi bisnis, luangkan waktu untuk merencanakan ide dan urutan slide Anda di atas kertas. Pertimbangkan lingkungan presentasi Anda, siapa audiens Anda nantinya, dan topik apa yang mungkin mereka angkat. Tambahkan navigasi ke tayangan slide Anda untuk membantu Anda melompat-lompat dalam presentasi Anda untuk kembali atau melompat maju ke informasi.

Share this: